Langkah
- langkah Membuat Sertifikat Dengan
Menggunakan Microsoft Publisher Mail Merge
Langkah-Langkah :
- Buka Microsoft Publisher, dengan Klik Start , Pilih All Program Pilih Microsoft Office Lalu Pilih dan buka Microsoft Publisher.
2.
Setelah Microsoft
Publisher dibuka akan ada tampilan seperti gambar di bawah ini
3.
Setelah
itu kita tentukan desain Sertifikat yang akan kita gunakan dengan cara pilih
Award Certificates pada menu More Templates dan akan muncul tampilan seperti
pada gambar di bawah ini dan pilih desain sertifikat sesuai dengan yang kamu
inginkan.
4.
Bagi
yang ingin membuat sertifikat dengan jumlah yang banyak, kita tidak perlu untuk
membuat satu persatu sertifikatnya karena ada fasilitas yang bernama Mail Merge
yang ada pada Microsoft Word dan Excel, pada kesempatan ini kita akan
menggunakan Microsoft excel.
5.


Buka Microsoft Excel, Klik Start Pilih
All Program Pilih Microsoft Office Lalu Pilih dan buka Microsoft Excel.
6
Kita buat Kolom (No. Sertifikat, Nama, Jenis
Pelatihan, Nilai, Predikat, dan Keterangan) dan isilah kolom No. Sertifikat,
Nama, Jenis Pelatihan, dan Nilai sesuai dengan ketentuan.
7.
Selanjutnya buat
kolom predikat dan keterangan di samping kolom utama dan kita isi batas nilai
yang akan kita gunakan misalnya “70” untuk menentukan “kurang” atau “baik”
nilai tersebut pada kolom predikat dan nilai yang menentukan apakah “mengulang” atau “lulus” pada kolom
keterangan seperti pada gambar di atas.
8.
Setelah itu, kita isi kolom Predikat dengan
menggunakan rumus Fungsi IF yang telah di tentukan.
9.
Setelah pengisian kolom selesai, kita simpan Filenya dengan nama “Data
Sertifikat” kemudian kita kembali lagi ke file sertifikat.
10. Ubahlah tulisan dan logo yang ada di
dalam format sertifikat sesuai dengan kebutuhan. Sesuaikan ukuran text box
dengan teks yang kita ketikkan.
11.
Untuk pengisian nama-nama penerima
sertifikat dan data-data lainnya tersebut kita gunakan fasilitas Mail Merge
pada menu Mailings. Menggunakan mail merge untuk mempercepat pengisian
sertifikat atau piagam.
12. Tandai tulisan “No. , Nama , Jenis
Pelatihan , Nilai , Predikat , dan Keterangan”.
13.
Lalu pilih menu Mailings/Select Recipients/Use Existing List/Cari nama file
“Data Sertifikat” yang kita buat pada Microsoft Excel tadi, lalu tandai/Klik
Open.
14.
Kemudian klik lagi menu Insert Merge
Field/Pilih tulisan “No. , Nama , Jenis Pelatihan , Nilai , Predikat , dan
Keterangan” maka akan muncul gambar seperti dibawah ini
15.
Untuk membuka nama nya, klik menu
Preview Result maka akan muncul nama record pertama.
16.
Untuk memunculkan nama berikutnya tinggal menekan tanda panah ke kanan
(disamping tulisan yang dilingkari merah)
17. Setelah itu kita simpan File
sertifikat kita tersebut dan selesai, selamat mencoba!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar